+62 821-1898-9798

Seni dan Budaya

Program Kami

Kesenian Tradisional dan Budaya Bangsa

Saat ini banyak anak-anak muda kurang mengenal kesenian tradisional dan budaya sendiri, karena sudah dianggap tidak nge-trend dan terkesan kuno, sehingga generasi penerus tidak mau menggelutinya bahkan mereka sudah tidak lagi mengenal kesenian dan budaya sendiri. Terbukti dengan semakin menurunnya minat generasi muda untuk melestarikanya. Dengan pesatnya teknologi, proses pertumbuhan kesenian tradisional & budaya secara alamiah dituntut beradaptasi terhadap perkembangan zaman. Adaptasi ini demi keberlangsungan kesenian tradisional dan budaya itu sendiri, yang mengharuskan aktivitasnya untuk beradaptasi terhadap perkembangan zaman tetapi tidak melupakan originalitasnya.

Upaya kami untuk meningkatkan ketahanan budaya bangsa

Upaya Untuk meningkatkan ketahanan budaya bangsa, peran pemuda diharapkan bertitik-tolak dari upaya-upaya pengembangan kesenian yang mampu melahirkan nilai-tambah kultural. PEMBELAJARAN DARI upaya pelestarian budaya yang tidak cukup hanya dilakukan melalui berbagai pertunjukkan secara regular saja tetapi perlu memberikan apresiasi dan pemahaman tentang filosofi serta nilai dari keberadaan dari budaya dan tradisi yang tumbuh dimasyarakat secara turun temurun khususnya kepada generasi muda yang dapat memberikan manfaat serta keuntungan ekonomi bagi masyarakat melalui pengembangan produk kebudayan secara kreatif dari seni pertunjukan, yang berkelanjutan.

Tarawangsa

Historikal, Profesional dan Futuristik

Performa Live Tarangwangsa Original yaitu berupa permainan alat musik tradisional khas dari Jawa Barat yang merupakan warisan leluhur yang terjaga turun temurun dan sering dihadirkan dalam upacara-upacara budaya kearifan lokal di daerah Jawa Barat yang berkaitan dengan pertanian sebagai rasa syukur, menjaga alam semesta, hasil panen berlimpah, maupun acara masyarakat umumnya yang masih menjaga, meyakini, Tarawangsa sebagai seni warisan yang akan memberikan efek positif dalam segala segmen kehidupan di masyarakat. Tarawangsa pada intinya dimainkan oleh dua orang pemain yang mendawaikan alat musik Rebab Tarawangsa dan Alat Musik Jentreng, dalam persembahan Tarawangsa tersebut merupaka suatu ritual khas leluhur tetapi juga disertai dengan kelengkapan sesaji dan pembakaran aroma terapi yaitu kemenyan, oleh satu orang serta mengiringi tarian khas Tarawangsa oleh beberapa orang penari, dimana kesemuanya merupakan satu kemasan yang tidak terpisahkan, ketentuan/ pakem yang disebut seni budaya TARAWANGSA.

Kolaborasi Lintas Sektoral - Go International: New York Indonesia Fashion Week 2021

Latihan Performa Live Tarawangsa Original dengan tarian dan ritual yang sudah menjadi satu paket, dipadukan dengan karya seni JP-Artcessories. Untuk melihat artikel lengkap, silahkan merujuk ke “New York Indonesia Fashion Week 2021”

Program Lainnya

Menyatukan lingkungan alam dan lingkungan budaya di lingkungan bantaran sungai Cikapundung, terutama di kawasan Cibarani.

Membangun keberlanjutan sungai Cikapundung melalui program-program terbaik, kemitraan yang kokoh dan social branding.

Pelatihan Perencanaan Partisipatif & Pemberdayaan masyarakat lokal.

Memanfaatkan lahan yang ada, kami bersama masyarakat siap menjaga ketahanan pangan kota Bandung.

Hasil dari Urban Farming (Buruan SAE) yang kemudian di pasarkan di area Waterfang Leuwilimoes.

Penghargaan