+62 821-1898-9798

New York Indonesia Fashion Week 2021

Program Kami

Kolaborasi Lintas Sektoral
Go-International

Internasional Fashion & Art Week adalah platform yang menyatukan Mode, Seni dan Budaya, Pendidikan, Komunitas untuk membantu bisnis kecil di industri mode dan menghubungkan perancang busana Indonesia ke pasar internasional di kota New York dengan cara yang lebih baik untuk bersaing dan berkembang meraih kesuksesan dari loyalitas dan kepercayaan klien sebagai perancang busana, Media, Pembeli, Blogger di AS, Kanada, Indonesia, India, Bangladesh, Jepang, Filipina, Nigeria, Amsterdam, Milan, Belgia, Dubai, Sydney Australia. Bila di tahun-tahun sebelumnya, acara ini biasanya diselenggarakan di jantung kota Manhattan, New York, kali ini di tengah keprihatinan, acara ini diselenggarakan di Gedung Konsulat Jendral yang beralamat di 5E 68th St, New York, NY 10065.

Pendahuluan

Bahwa Kami adalah representasi otentisitas dari individu-individu Nusantara, yang mengantarkan sebuah pandangan diplomasi kepada dunia. Melalui gerak-gerik komunitas kami di Kampoeng Tjibarani, sebuah desa urban di Bandung. Melalui penerapan seni dengan makna Gerakan kontekstual terhadap persoalan terkini. Melalui gelapnya pandemi, tanpa hela memantau keadaan. Melalui ruang dan waktu, satu tahun ini kami menawarkan sebuah persahabatan kepada sesama manusia di dunia, sebagai mahluk alam yang menjaga rumahnya, kami menjadi paradiplomasi untuk setiap bangsa yang dirudung kegelapan. Melalui gerak-gerik ini, diusahakan budaya tidak sekedar gimmick, namun ia menjadi upaya kecil dalam salam perdamaian.

Tidak mudah satu tahun ini, kami, seperti juga masyarakat dunia mengalami krisis multi-dimensi. Pandemi, konflik politik identitas, serta depresif secara ekonomi maupun psikologis. Dalam tataran kebangsaan kami sadari bahwa kerumitan persoalan dimulai dari cara pandang kami yang terbawa pesimistis. Sehingga ide kecil timbul di awal tahun 2020 ketika pandemi Covid-19 menyerang. Ide positif yang sekadar memanfaatkan lahan kosong di desa kami. Mengubah lahan kosong di dekat bantaran sungai, menjadi lahan produktif untuk kegiatan seni dan budaya, urban farming. Ini adalah ide yang disematkan negara kepada kami melalui spirit Pancasila. Spirit yang mengantarkan kepada pemahaman bela negara melalui ketahanan budaya dan kemandirian pangan berbasiskan lingkungan yang dikemas dalam konsep ketahanan seni dan budaya,

kemandirian pangan dan go green, dengan bermodalkan lahan kecil di sela-sela padatnya perumahan kota. Disini kami sadari, melalui upaya kolektif, bela negara tidak melulu menggunakan peluru.

Selain merupakan persembahan dari putera daerah selaku Warga Negara Indonesia, kami-pun bertujuan mempersembahkan kekayaan budaya Indonesia khususnya “Tarawangsa” yang memiliki filosofi kehidupan masyarakat di Indonesia, untuk dunia sebagai daya tarik wisata maupun menambah wawasan bagi warga dunia tentang kekayaan budaya yang kita miliki. Untuk membantu mempromosikan seni dan budaya di tengah pandemi, serta mengangkat industri pariwisata dalam upaya membangung keunggulan komparatif kekayaan dan khasanah dari budaya Indonesia.

Latar Belakang

Sesuai Amanat Presiden RI yang ditindaklanjuti Menteri Luar Negeri, penyelarasan Visi Misi KJRI New York adalah: “KJRI New York yang aktif dan efektif untuk mewujudkan Indonesia maju yang Berdaulat, Mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.”

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Perwakilan Republik Indonesia Nomor: SK.SK-015/KJ/V/2020

Tentang Peta Strategi dan Indikator Kinerja Utama Kepala Perwakilan Republik Indonesia, Lembar Penetapan Manual Indikator Kinerja Utama, ditetapkan manual IKU Kepala Perwakilan RI untuk periode Perjanjian Kinerja Tahun 2020 yang meliputi:

  • Persentase Peningkatan Nilai Perdagangan Indonesia dengan Wilayah Kerja KJRI New York.
  • Persentase Peningkatan Nilai Investasi Asing ke Indonesia dari Wilayah Kerja KJRI New York.
  • Persentase Peningkatan Jumlah Wisatawan Mancanegara ke Indonesia dari Wilayah Kerja KJRI New York
  • Indeks Citra Indonesia di Wilayah Kerja KJRI New York
  • Persentase kasus WNI di Wilayah Kerja KJRI New York yang diselesaikan
  • Indeks Kepuasan Pelayanan Kekonsuleran KJRI New York
  • Indeks Kepuasan Pelayanan Perlindungan WNI/ BHI KJRI New York
  • Persentase tindak lanjut/ implementasi kesepakatan Indonesia dengan Wilayah Kerja KJRI New York
  • Persentase WNI di Wilayah Kerja KJRI New York yang terdaftar di Portal Peduli WNI
  • Nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Permerintah (AKIP) KJRI New York
  • Persentase Sarana dan Prasarana KJRI New York yang dipenuhi sesuai dengan rencana
  • Nilai Kinerja Anggaran KJRI New York

Visi

“Diplomasi Sosial Budaya, Ekonomi, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif”

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Perwakilan Republik Indonesia nomor: SK-010/KJ/I/2021, dalam rangka mewujudkan visi dan melaksanakan misi di KJRI di New York, untuk mencapai nilai manfaat dan citra positif Indonesia, KJRI New York, sesuai dengan target kinerja KJRI New York dalam periode 2020-2024 akan memprioritaskan berbagai upaya untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional akibat COVID-19, KJRI melakukan program kegiatan memperkuat infrastruktur diplomasi dan fasilitas yang ada, melakukan penguatan:

  1. Diplomasi Ekonomi
  2. Diplomasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
  3. Diplomasi Sosial Budaya
  4. Perlindungan WNI/ BHI di New York

Bahwa dari sudut pandang sosial budaya, wilayah akreditasi KJRI New York merupakan pusat seni budaya seperti Broadway, informasi media dan pendidikan, serta pariwisata, juga merupakan pusat media elektronik dan media cetak seperti ABC, CBD dan NBC, New York Times, The Wall Street Journal, Times, Bloomberg, Business Week, dan Forbes. New York satu-satunya kota di dunia yang memiliki 105 Konsulat Jenderal dari berbagai negara dan organisasi Society of Foreign Consul yang beranggotakan 74 Konsulat Jenderal, wilayah akreditasi KJRI New York memiliki lembaga Pendidikan terkemuka dunia seperti Harvard, Yale, Princeton, MIT, University of Pennsylvania dan Columbia University, wilayah akreditasi KJRI New York merupakan rumah bagi beberapa organisasi masyarakat Indonesia berlandaskan agama, kedaerahan dan kemasyarakatan serta organisasi pelajar dan kemahasiswaan.

Misi

Bahwa berdasarkan SK Presiden RI nomor 108 tahun 2003 pasal 6 menerangkan Perwakilan Konsuler dalam hal ini KJRI New York mewakili dan memperjuangkan kepentingan bangsa, negara dan Pemerintahan Republik Indonesia, melindungi Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia, melalui pelaksanaan hubungan kekonsuleran, penigkatan hubungan ekonomi, sosial dan budaya sesuai dengan kebijakan politik dan hubungan luar negeri Pemerintah RI, Peraturan Perundang-Undangan Nasional, Hukum Internasional dan Kebiasan Internasional.

Sesuai Visi Misi KJRI New York serta dalam rangka implementasi Diplomasi Ekonomi, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta Diplomasi Sosial Budaya, KJRI New York menyampaikan hal sebagai berikut:

KJRI New York telah melakukan seleksi dan korespondensi intensif dimana acara yang dilaksanakan tanggal 10 September 2021 di New York, menetapkan dan memilih pengisi acara tersebut adalah KELOMPOK MASYARAKAT KREATIF KAMPOENG TJIBARANI,

dengan Sdr. Nanang Irsan Ismail, selaku Ketua Perkumpulan; Masyarakat Kreatif Kampoeng Tjibarani (KEPMENKUMHAM RI Nomor AHU-0012355.Ah.01.07.Tahun 2020), bersekretariat di Jalan Bukit Jarian VI, Nomor: 55/165D, RT 004, RW 011, Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40141, dengan nomor kontak +62-821-1898-9798, email: kampoengtjibarani@gmail.com, yang telah terbentuk dan memiliki legalitas hukum.

New York – Indonesia Fashion Week

Pada tahun 2021 ini meski dalam suasana pandemi Covid-19, acara International Fashion & Art Week yang selalu digelar 2 kali disetiap tahunnya, tetap diselenggarakan di New York dengan menerapkan Protokoler Covid-19 yang berlaku disana dan lebih mengedepankan kolaborasi fashion, seni dan budaya Indonesia.

International Fashion & Art Week adalah platform yang menyatukan mode, seni dan budaya, dan pendidikan, yang akan diadakan di gedung KJRI New York yaitu; 5, East 68th Street, New York, NY 10065, The United States of America, tanggal 10 September 2021. New York International Fashion & Art Week diawali tahun ini di bulan September tahun 2021 akan mengagendakan dan menggelar NEW YORK – INDONESIA FASHION WEEK, sebagai agenda rutin tahunan yang akan menampilkan segala potensi daerah di Indonesia yang berhubungan dengan seni budaya, ekonomi, pariwisata dan ekonomi kreatif, untuk memenuhi visi misi KJRI New York mengangkat dan mempromosikan potensi SDM dan SDA Indonesia di kancah dunia, bahwa Indonesia memiliki kekayaan seni, adat budaya, kreatifitas yang beragam, dan layak untuk diketahui dunia karena sarat dengan filosofi hidup yang beradab,

pun demikian banyak pula potensi Kreatifitas Budaya Kontemporer asli hasil Putera Bangsa Indonesia yang dapat dikonversikan pada era globalisasi ini tanpa kehilangan jati diri dan kekhasan Bangsa dan Negara Indonesia, seperti:

  • Seni adat budaya, tarian, upacara adat, musik tradisional maupun kontemporer khas Indonesia
  • Fashion yang mencerminkan adat budaya maupun kontemporer khas Indonesia
  • Hasil bumi seperti rempah-rempah dan kopi asli Indonesia yang diolah khas Indonesia
  • Hasil produk-produk UMKM Indonesia
  • Handycraft khas Indonesia
  • Seni bercocok tanam dan sebagainya